Saturday, August 12, 2017

Lagi senam jari aja

Dan.... draft tulisanku numpuk di folder draft blog. Dari seminggu lalu, tak ada satupun yang kuposting. Tiba-tiba terjangkit virus susah untuk menyelesaikan tulisan. Aku punya banyak sekali ide di kepala untuk kutuliskan. Saat mulai menuliskannya di blog sampai dua paragraf tiba-tiba stuck. Aku kehabisan kata-kata dan akhirnya kusimpan di draft dulu. Berharap saat mood ku bagus aku bisa menyelesaikan tulisan itu. Tetapi satu dua tiga tulisan semuanya hanya bisa kumulai saja. Dan tak sanggup kuselesaikan. Dan akhirnya numpuk hingga 12 tulisan di draft. Ckckck

Aku merileks kan diri sejenak dengan mendengar musik, dengan membaca buku dan menonton film. Tetapi lagi-lagi yang ada malah ide baru tulisan. Dan tulisan lama kutinggalkan menumpuk. Dan bernasib sama dengan tulisan sebelumnya, tulisan baru tersebut hanya sampai dua paragraf saja. Huffft

Aku lalu blogwalking dan baca-baca tulisan dari blogger lain. Berharap tiba-tiba semangat menulisku meningkat. Tetapi kenyataannya, sehabis baca tulisan dari blogger lain, aku malah down. Aku ngerasa kalo tulisanku sampah banget. Gak penting. Terus susah untuk dipahami. Ya Allah,, kok malah tambah susah untuk nulis yah. Hufftt

Lalu seorang teman menyarankan untuk menyelesaikan satu tulisan saja dulu terus langsung diposting. Tuliskan saja isi kepala, isi hati atau uneg-uneg yang terpendam supaya jari-jarinya bisa senam dan bergerak lincah di atas keyboard. Dengan begitu perasaan akan jadi lebih plong. Nah setelah itu baru balik ke draft yang lama. Tulis sedikit demi sedikit terus posting. Jangan berpindah sebelum satu tulisan itu rampung. Dengan begitu, isi draft sedikit demi sedikit berpindah ke kelompok tulisan yang telah diterbitkan. 

Kembali ke niat awal nulis itu apa? kalau aku sendiri nulis blog untuk menyimpan kenangan, untuk menyembuhkan hati yang sakit, dan sebagai tempat curhat. Kalo begitu, tak perlu memusingkan tentang pendapat orang lain dulu. Karena sesungguhnya setiap tulisan itu baik selama tidak mengadung unsur SARA, kalimat provokasi atau pornografi. 
Jadi menulislah,, walaupun tulisanmu jelek. Hahahaha. Never Give Up... Nanti lama kelamaan, tulisan-tulisanmu akan menemukan alur nya sendiri. Dan bisa lebih enak lagi untuk di baca. Ini nasehat untuk diriku sendiri sebenarnya. 

Dan kalau kamu mau nulis dan stuck banget,, mungkin bisa diawali dulu dengan segelas es kopi,,, seperti yang kuminum sekarang sambil menarikan jari-jariku diatas tuts

0 comments:

Post a Comment