Skip to main content

Assalamualaikum Cantik...


Weekend lalu aku berkunjung ke Gramedia setelah sekian lama. Iyah, udah lama banget gak belanja buku. Tetapi kemarin, lagi suntuk banget jadi hang out nya ke Gramed deh. Hahahah, supaya dikira anak cerdas. Padahal saya cuma mau numpang baca buku yang sampulnya kebuka. Hehehe. Dan setelah memilah-milah, aku membeli sebuah buku yang berjudul easy guide travelling to Bangkok (kapan-kapan kubuatin reviewnya). Dan dua buku lagi titipan teman. Pas mau ke meja kasir, tiba-tiba nemu buku yang diatas, judulnya Assalamualaikum cantik. Niatnya mau beli juga, tetapi apa daya, isi dompet gak mencukupi. Jadilah, aku cuma nebeng foto doang sama buku nya. Semoga besok-besok bisa berjodoh sama bukunya. Jadi tulisan ini bukan tentang review buku Assalamualaikum cantik ya,, kebetulan cuma mau curhat aja ^_^ hahaha

Assalamualaikum cantik,,, kalo denger orang nyapa aku pake kalimat itu, rasanya aku tiba-tiba naik darah. Rasanya pengen kutabok pake sendal. Karena dikepalaku, orang yang bilang "Assalamualaikum cantik " ke aku itu cuma dua. Pertama, cowok-cowok kurang kerjaan, yang suka nongkrong di pinggir jalan. Kalo ada cewek seksi lewat, di suit-suit in.. kalo yang lewat pake jilbab, dia akan ngomong "Assalamualaikum cantik". Kalo udah gitu, aku cuma balas Walaikumsalam, lalu berlalu dengan cepat. Mau itu di suit-suit in atau di beri salam, tetap aja cowok-cowok kurang kerjaan itu ngeselin. Karena pasti mereka akan memandang cewek-cewek yang lewat dari ujung kaki hingga ujung kepala. Lalu mereka saling berbisik satu sama lain, entah ngomongin apa.. Yang pasti mereka tetap ngeselin.

Terus tipe kedua yang bilang Assalamualaikum Cantik padaku itu, adalah orang-orang yang sebenarnya ngejek. Mereka bilang cantik, padahal sebenarnya dalam hati mereka dia ngomentarin wajah ku yang kusam, banyak flek flek hitam, dan komedo dimana-mana. Iyah aku sadar betul kalau aku tidak cantik. Sebagai seorang anak yang dari kecil suka nonton anime. Definisi cantik menurut ku ya yang mirip tokoh anime macam sailormoon. Atau mirip sama Sakura di Anime Cardcaptor Sakura. Waktu kecil aku berpikirnya cantik itu yang matanya lebar, dagunya lancip, terus kulitnya putih. Yah macam cewek-cewek dari film Anime. 
Source:www.madman.com.au

Beranjak gede, aku mulai suka nonton drama korea dan jepang. Aku berpikir lagi bahwa cewek cantik itu macam artis korea. Mukanya mulus kayak porselen, alis nya terukir rapi, bulu mata yang lentik, hidung mungil dan bibir tipis. Kalo abis nonton drama korea terus liat muka diri sendiri di cermin, rasanya langsung pengen banting tuh cermin. Hahaha.



Karena aku tinggalnya di Indonesia wilayah tropis dan hanya punya dua musim. Jadilah kulitku berwarna agak coklat. Aku sering mengeluhkan hal itu. Aku iri dengan mereka yang terlahir dengan kulit putih mulus. Aku tidak tahu kalau ternyata orang-orang barat malah banyak yang mendambakan memiliki kulit berwarna cokelat. Alasannya kulit dengan warna agak kecokelatan itu lebih seksi. Selain itu, kebanyakan dari mereka berpikirnya bahwa kulit putih itu berarti sedang sakit. Jadilah mereka sering berjemur di pantai atau ke salon untuk mendapatkan perawatan tanned atau perawatan merubah warna kulit menjadi cokelat. Jadi di wilayah Eropa kulit berwarna cokelat itu merupakan dambaan. Selain itu kulit berwarna cokelat memiliki banyak keunggulan diantaranya: Beresiko lebih kecil terkena kanker kulit, alasannya karena orang dengan kulit cokelat memiliki kadar melanin lebih banyak untuk memproteksi diri dari serangan sinar UV yang merusak. Selain itu pemilik kulit gelap itu lebih lama mengalami penuaan dini. Karena kulitnya tidak mudah berkerut dan terlihat awet muda. Jadi sebagai pemilik kulit kecokelatan harus nya kita bangga dong. 

Tetapi karena iklan iklan di TV kebanyakan menampilkan citra cantik itu adalah yang berkulit putih,wajah cantik dan berkulit mulus. Jadilah, anak-anak remaja berlomba-lomba untuk memakai cream pemutih instant yang tidak ada label BPOM. Yang penting bisa putih dulu, efek ke depannya tak perlu dipikir. Akhirnya banyak oknum yang menjual obat pemutih intant yang diberi nama cream racikan. Mencampur berbagai macam produk pemutih dan bahan kimia berbahaya. Tanpa pernah berpikir apa saja efek samping yang mungkin ditimbulkan. 

Walaupun aku tahu kalau aku tak cantik, aku tak sampai berpikir untuk memakai cream pemutih instant. Terlalu berbahaya. Jadi untuk melawan rasa minder dan rendah diri karena tidak berwajah cantik. Aku lalu berlatih senyum di hadapan cermin. Karena kata orang Senyum adalah make up terbaik untuk mempercantik wajah. Selain itu juga bisa membuat hati lebih bahagia. Dan baiknya lagi, senyum yang tulus juga akan menular pada orang lain. Sehingga akan lebih banyak orang yang berbahagia. 

Dan karena sekarang aku telah beranjak dewasa. Definisi cantik di pikiranku juga telah berubah. Bukan lagi tentang kulit putih, mata lebar, bibir tipis dan dagu lancip. Tetapi cantik itu adalah melakukan segala hal dengan versi terbaik, berjalan dengan lebih percaya diri, dan memberi manfaat sebanyak-banyak nya bagi orang lain. 

Jadi aku tak akan marah lagi jika disapa Assalamualaikum Cantik,,, karena sesungguhnya setiap wanita itu memang terlahir cantik. 

Comments

Popular posts from this blog

Surat Noura untuk Fahri (AAC)

Kepada  Fahri Bin Abdillah, seorang Mahasiswa dari Indonesia yang lembut hatinya dan berbudi mulia     Assalamualaikum Warahmatullahi Wa Barakatuh, Kepadamu kukirimkan salam terindah, salam sejahtera para penghuni surga. Salam yang harumnya melebihi kesturi, sejuknya melebihi embun pagi. Salam hangat sehangat sinar mentari waktu dhuha. Salam suci sesuci air telaga Kautsar yang jika direguk akan menghilangkan dahaga selama-lamanya. Salam penghormatan, kasih dan cinta yang tiada pernah pudar dan berubah dalam segala musim dan peristiwa. Wahai orang yang lembut hatinya,      Entah dari mana aku mulai dan menyusun kata-kata untuk mengungkapkan segala sedu sedan dan perasaan yang ada di dalam dada. Saat kau baca suratku ini anggaplah aku ada di hadapanmu dan menangis sambil mencium telapak kakimu karena rasa terima kasihku padamu yang tiada taranya.      Wahai orang yang lembut hatinya,       Sejak aku kehilangan rasa aman dan kasih sayang serta merasa sendirian ti

JALAN JALAN KE PERPUSTAKAAN WILAYAH MAKASSAR Yuuk...

Yeay... Libur... Hari ini hari sabtu.. mestinya masih harus masuk kantor. Tetapi karena ahad kemarin masih harus kerja.. jadinya hari sabtu ini bisa libur... Yeay senang nya. Rencana nya mau pulang kampung, lumayan bisa dua hari di rumah. Bisa memecahkan celengan rindu yang rasanya sudah mau meledak.. tetapi gak jadi gara-gara harus menemani adik ku ujian masuk sebuah perguruan tinggi. Tiga tahun lalu aku juga masih ingat saat mengantarnya mengikuti tes Sekolah Menengah Atas. Sekarang dia sudah akan berstatus Mahasiswa. Sepertinya waktu berjalan sangat cepat. Aku dan adikku beda usia 8 tahun, melihat nya sebentar lagi akan masuk Kuliah, membuatku merasa sudah menjadi sangat tua. Aku gak tua tua amat kok... Iyakan? Jadi sementara adik ku mengikuti ujian, aku sibuk keliling-keliling kampus mencari perpustakaan, lumayan bisa berteduh sambil baca buku. Tetapi ternyata, eh ternyata perpustakaan kampus lagi gak buka kalo hari sabtu. Em... jadi saya harus nunggu dimana dong? Dan

Cerita tentang Perjalanan Pertamaku Keluar Negeri

Mimpi untuk jalan-jalan keluar negeri dimulai dari dua tahun yang lalu. Saat senior di tempat kerja yang biasa kupanggil Kak Ayu memberi oleh-oleh gantungan kunci perak bertuliskan Macau. Walaupun cuma gantungan kunci, aku senang bukan main. Karena dapat oleh-oleh dari luar negeri itu sangat langka buatku pribadi, hehehe. Akhirnya sejak saat itu, travelling keluar negeri selalu jadi resolusi di awal tahun. Dan Alhamdulillah tahun ini bisa terwujud yeay.... Sebelum keluar negeri, aku sudah pernah naik pesawat sekali. Dan itu bukan untuk jalan-jalan tetapi dalam rangka ikut test CPNS di Tangerang (Baca ceritanya disini) . Sejak saat itu, aku berharap bisa naik pesawat lagi. Naik pesawat itu rasanya seru,, hahahah mungkin karena jarang kulakukan, jadinya begitu sangat luar biasa untukku. Aku merasakan jantung dag dig dug saat pesawat tinggal landas, gendang telinga yang mendengung saat pesawat sudah mengudara lalu merasa excited luar biasa saat melihat cantiknya awan-awan yang