Skip to main content

Aplikasi android untuk menambah skill bahasa inggris

Assalamualaikum... Alhamdulillah akhirnya bisa menulis lagi disini. Ah.. blog saya kembali berdebu gara-gara sudah lama tidak saya kunjungi. Syukurlah hari ini saya punya waktu luang untuk berkunjung kesini dulu (Sok sibuk Euy...). 

Ada beberapa faktor kenapa saya istirahat menulis disini (Hehehe... cari alasan supaya gak dibilang blogger abal-abal). Faktor Pertama, saya akui memang kalo kemarin sempat terjangkit virus malas stadium akut, tiba-tiba blank gak tau mau nulis apa. Akhirnya dengan dalih cari ide tulisan, akhirnya keterusan deh gak nulis-nulis. Faktor Kedua, kemarin juga lagi memfokuskan diri dan otak, karena saya sedang mencoba peruntungan mendaftar menjadi calon pegawai di salah satu perusahaan milik negara. Dan Alhamdulillah udah sampai tahap psikotest. Jd ya.. Sekarang tinggal tunggu pengumuman untuk lanjut test kesehatan. (Jadi..bantu doa ya smoga saya bisa lulus...Amin). Dan faktor ketiga... Yang bikin saya tiba-tiba tidak punya waktu untuk nulis disini adalah karena saya punya smartphone baru (hehehe). Karena di tahun ini saya baru beralih dari handphone jadul ke gadget sekelas smartphone, akhirnya waktu saya tersita dengan pelototin aplikasi-aplikasi yang ada di Smartphone saya. 

Eitss... jangan berburuk sangka dulu, karena saya pelototin gagdet saya, bukan karena sedang asyik main get rich atau COC tetapi karena saya sedang asyik-asyik nya mempelajari bahasa inggris lewat Smartphone. Emang bisa? Bisa Dong. Kan namanya Smartphone, jadi harusnya bikin kita tambah pinter bukan tambah bodoh. Nah salah satu hal yang bisa kita lakukan adalah dengan terus mengasah skill bahasa inggris kita. Yuk cek aplikasinya... 

1. Duolingo

     Aplikasi pertama, saya rekomendasikan aplikasi gratis yang bisa di download di Playstore ini, nama nya Duolingo. Duolingo adalah aplikasi yang didesain untuk membantu kamu belajar bahasa dengan mudah. Di Aplikasi ini, kamu tidak hanya bisa belajar bahasa inggris saja tetapi ada juga bahasa Spanyol, Inggris, Perancis, dan Italia. Kamu tinggal pilih ingin mempelajari bahasa apa. Kalau saya masih tetap berkutat belajar di bahasa Inggris saja dulu. Nanti setelah menguasai bahasa Inggris, saya akan belajar menguasai bahasa lain.. Yups Semangat..

Gambar diambil dari www.bicaragadget.com
          Nah, di Duolingo ini kamu akan bertemu burung hijau imut yang akan bertanya kamu ingin latihan berapa kali dalam sehari. Setelah menentukan jadwal latihan. Burung hijau tadi akan datang tiap hari untuk mengingatkan mu agar latihan. Disini kamu akan mendapat tambahan vocabulary, belajar grammar, sekaligus pronounciation dan Listening. Seru banget kan... Belajar disini lebih mudah karena pelajaran nya di bagi dalam beberapa bagian yang hanya bisa kita buka apabila kita telah menyelesaikan soal dari bab sebelumnya. Karena tampilannya menarik, belajar bahasa inggrisnya jauh lebih asyik dan tidak membosankan. Jadi tunggu apa lagi... download sekarang yuk ^_^ 
Duolingo Untuk nambah kosakata kamu..
2. English Grammar In Use

    
    Nah.. kalo Duolingo masih belum cukup buat kamu.. ada Aplikasi English Grammmar in Use yang bisa kamu download gratis juga di Playstore. Aplikasi ini untuk meningkatkan kemampuan Grammar kamu. Kalau kamu suka pusing liat tenses-tenses yang punya banyak rumus, di Aplikasi ini kamu akan diberikan penjelasan berupa rumus yang sederhana dan contoh kalimat. Kamu juga bisa mendengarkan langsung bagai native speaker mengucapkan kalimat itu dalam bahasa inggris. Dan di tiap bab akan ada latihan-latihan soal untuk mengecek apakah kamu sudah mengerti atau belum. 


Tetapi ya.. Aplikasi ini hanya memberi gratis untuk pelatihan Tenses Past dan Present saja. Untuk mempelajari nya lebih lanjut kita harus beli Aplikasinya,... ^_^

3. English Listening
Setelah belajar Vocabulary dan Grammar... Untuk Aplikasi berikut nya ada English Listening. Aplikasi ini diciptakan untuk melatih kemampuan Listening teman-teman. Saya termasuk sangat kurang dalam kemampuan Listening. Dan Aplikasi ini benar-benar sangat membantu untuk latihan tiap hari. Kita cukup masuk ke Aplikasi lalu kita bisa mulai melatih pendengaran kita setelah mendownload Sound datanya. 
Cara Kerja Aplikasi ini adalah dengan cukup mendengarkan apa yang disampaikan oleh Speakernya setelah itu untuk mengecek apakah yang kita paham dengan apa yang disampaikan oleh Speaker, kita harus menjawab beberapa soal yang berhubungan dengan text yang dibacakan oleh speaker tadi. Dan untuk mengecek apakah kemampuan listening kita sudah bagus atau belum, kita tinggal mengklik text yang tadi dibacakan oleh Speaker di bagian akhir. 

Nah dengan tiga aplikasi ini, apabila kita rutin melatihnya tiap hari. Saya jamin pasti kemampuan bahasa inggris kamu bisa bertambah. Jadi daripada mengisi waktu luang dengan main game online, gimana kalo download aplikasi ini dan kamu siap belajar bahasa inggris dimana dan kapan saja..  

Comments

Popular posts from this blog

Surat Noura untuk Fahri (AAC)

Kepada  Fahri Bin Abdillah, seorang Mahasiswa dari Indonesia yang lembut hatinya dan berbudi mulia     Assalamualaikum Warahmatullahi Wa Barakatuh, Kepadamu kukirimkan salam terindah, salam sejahtera para penghuni surga. Salam yang harumnya melebihi kesturi, sejuknya melebihi embun pagi. Salam hangat sehangat sinar mentari waktu dhuha. Salam suci sesuci air telaga Kautsar yang jika direguk akan menghilangkan dahaga selama-lamanya. Salam penghormatan, kasih dan cinta yang tiada pernah pudar dan berubah dalam segala musim dan peristiwa. Wahai orang yang lembut hatinya,      Entah dari mana aku mulai dan menyusun kata-kata untuk mengungkapkan segala sedu sedan dan perasaan yang ada di dalam dada. Saat kau baca suratku ini anggaplah aku ada di hadapanmu dan menangis sambil mencium telapak kakimu karena rasa terima kasihku padamu yang tiada taranya.      Wahai orang yang lembut hatinya,       Sejak aku kehilangan rasa aman dan kasih sayang serta merasa sendirian ti

JALAN JALAN KE PERPUSTAKAAN WILAYAH MAKASSAR Yuuk...

Yeay... Libur... Hari ini hari sabtu.. mestinya masih harus masuk kantor. Tetapi karena ahad kemarin masih harus kerja.. jadinya hari sabtu ini bisa libur... Yeay senang nya. Rencana nya mau pulang kampung, lumayan bisa dua hari di rumah. Bisa memecahkan celengan rindu yang rasanya sudah mau meledak.. tetapi gak jadi gara-gara harus menemani adik ku ujian masuk sebuah perguruan tinggi. Tiga tahun lalu aku juga masih ingat saat mengantarnya mengikuti tes Sekolah Menengah Atas. Sekarang dia sudah akan berstatus Mahasiswa. Sepertinya waktu berjalan sangat cepat. Aku dan adikku beda usia 8 tahun, melihat nya sebentar lagi akan masuk Kuliah, membuatku merasa sudah menjadi sangat tua. Aku gak tua tua amat kok... Iyakan? Jadi sementara adik ku mengikuti ujian, aku sibuk keliling-keliling kampus mencari perpustakaan, lumayan bisa berteduh sambil baca buku. Tetapi ternyata, eh ternyata perpustakaan kampus lagi gak buka kalo hari sabtu. Em... jadi saya harus nunggu dimana dong? Dan

Cerita tentang Perjalanan Pertamaku Keluar Negeri

Mimpi untuk jalan-jalan keluar negeri dimulai dari dua tahun yang lalu. Saat senior di tempat kerja yang biasa kupanggil Kak Ayu memberi oleh-oleh gantungan kunci perak bertuliskan Macau. Walaupun cuma gantungan kunci, aku senang bukan main. Karena dapat oleh-oleh dari luar negeri itu sangat langka buatku pribadi, hehehe. Akhirnya sejak saat itu, travelling keluar negeri selalu jadi resolusi di awal tahun. Dan Alhamdulillah tahun ini bisa terwujud yeay.... Sebelum keluar negeri, aku sudah pernah naik pesawat sekali. Dan itu bukan untuk jalan-jalan tetapi dalam rangka ikut test CPNS di Tangerang (Baca ceritanya disini) . Sejak saat itu, aku berharap bisa naik pesawat lagi. Naik pesawat itu rasanya seru,, hahahah mungkin karena jarang kulakukan, jadinya begitu sangat luar biasa untukku. Aku merasakan jantung dag dig dug saat pesawat tinggal landas, gendang telinga yang mendengung saat pesawat sudah mengudara lalu merasa excited luar biasa saat melihat cantiknya awan-awan yang