Skip to main content

Review Buku Save Your Money - Bebas Utang Banyak Uang



Judul Buku        : Save Your Money – Bebas Utang Banyak Uang
Penulis Buku       : Yosephine P.Tyas
Penerbit           : Noura Books (PT Mizan Publika)
Tahun Terbit      : Maret 2014
Genre             : Non Fiksi
Tebal Halaman    : 137 Halaman

    
Saya sangat tertarik dengan judul bukunya “Save Your Money-Bebas Utang Banyak Uang”. Ah... smua orang pasti memimpikan keadaan itu, dimana kita bisa bebas dari utang dan memiliki banyak uang. Tetapi di zaman seperti sekarang ini, sepertinya itu menjadi sesuatu yang sangat sulit untuk dilakukan. Pesatnya perkembangan teknologi dan informasi mengubah banyak orang menjadi lebih konsumtif.
Ditambah lagi banyaknya kemudahan-kemudahan yang diberikan untuk bisa berbelanja semau kita, mulai dari pesan barang via online, Cash On Delivery, gesek sana sini dengan kartu kredit, dan kemudahan-kemudahan lain yang terkadang bisa sangat menjerumuskan kita pada uang cash yang tiba-tiba habis entah kemana dan tagihan kartu kredit yang membengkak.
Nah membaca buku ini bisa membuka mata kita agar lebih bijak membelanjakan uang yang kita punya. Oke let’s check this out the review...

Bab Pertama berjudul Utang ada dimana-mana. Bab kedua berjudul Jangan coba-coba pada diri kita sendiri. Bab ketiga berjudul Hiduplah dibawah kemampuan kita. Bab keempat berjudul Nikmatilah Hidupmu. Bab kelima berjudul bebas utang dengan perencanaan. Dan di akhir ada tanya jawab seputar utang yang harusnya bisa membuka mata kita bahwa berutang bukanlah solusi dari masalah keuangan.

Utang adalah uang yang bukan milik kita dan harus dikembalikan. Seberapa pun besarnya uang yang kita miliki akan habis jika utang kita lebih besar. (hal.8)

Dalam buku ini kita disuguhkan dengan pengalaman beberapa orang yang terjerat dalam utang lalu berusaha bangkit dan akhirnya berhenti untuk berutang lagi. Selain itu buku ini juga memberikan beberapa tips penggunaan kartu kredit secara bijak (hal.78). Manfaat dan keuntungan memakai kartu kredit (hal.91). Dan contoh kasus tentang perhitungan payment kartu kredit beserta bunga yang ditetapkan. Kita akan mendapat penjelasan tentang perbedaan pembayaran kartu kredit dengan cicilan tetap, cicilan minimum, cara kerja bunga, serta langkah-langkah agar kita bisa terbebas dari utang.

 “Jika kita sampai terlilit utang sebenarnya diakui atau tidak, secara sadar atau tidak, kita telah keluar dari batas kemampuan kita. Dan jika ingin menyelesaikan masalah berarti kita harus melihat dan mengetahui batas kita yang sebenarnya dan kembali ke dalamnya” (hal.132)

“Cukup adalah mampu bersyukur atas apa yang kita miliki saat ini. cukup adalah saat kita bisa mengelolah keinginan sesuai dengan kemampuan kita. Cukup adalah tahu kapan saat berkata tidak. Cukup adalah tetap mengusahakan yang terbaik dan memberikan yang terbaik” (hal.24)


Beda dengan buku-buku keuangan lainnya, buku ini lebih praktis penyajiaannya, bahasanya simple, lebih mudah dimengerti dan tidak hanya berbicara mengenai teori tetapi juga praktik berdasarkan pengalaman penulis dalam menangani permasalahan utang.
So, let’s save our money and stop to debt for our happiness life.



Recommended book for U ^_^

Comments

  1. Salam kenal jugs Efri. Terima kasih sdh brrkunjung

    ReplyDelete
  2. Salam kenal jugs Efri. Terima kasih sdh brrkunjung

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima Kasih sudah berkunjung ^_^
Silahkan meninggalkan komentar jika berkenan

Popular posts from this blog

Cari tempat kursus keren tetapi tetap murah, FKBS pilihannya

Pernah dengar tentang AFTA? yups Singkatan dari Association Federal Trade Asean, yang merupakan wujud dari negara-negara ASEAN, untuk membentuk suatu kawasan bebas perdagangan dalam rangka meningkatkan daya saing ekonomi kawasan regional ASEAN, dengan menjadikan ASEAN sebagai basis produksi dunia serta menciptakan pasar regional bagi 500 juta penduduknya.

Dan di tahun ini, Indonesia telah resmi menandatangani perjanjian untuk bergabung. Itu artinya kita harus siap dengan tantangan bahwa nantinya kita akan bersaing dengan para pencari kerja yang berasal dari luar negeri yang masuk dalam wilayah ASEAN. Jadi kita bisa melamar kerja di luar negeri dan orang luar negeri bisa melamar kerja di Indonesia. Lalu kira-kira kita punya daya jual dan daya saing ga ya..jika dibandingkan dengan orang-orang luar. Tetapi, yang paling dasar seh kita mesti tau bahasa yang dipakai untuk negara yang kita tuju, atau setidaknya menguasai bahasa Inggris lah sebagai dasar. Nah, kali ini postingan saya tentang …

Review Drama Korea - Reply 1988 (Answer Me 1988)

Assalamualaikum....

Wuah..sudah hari ke tujuh aja neh di tahun 2016...hem gak kerasa. Perasaan baru kemarin nonton kembang api dari atap rumah. Dan syukurlah akhirnya bisa kembali memulai menulis disini. Mengawali tahun 2016 ini bagi review drama korea terbaru. Sapa tau ada yang lagi nyari film untuk di tonton di waktu luang. Saya rekomendasikan drama korea ini.. "Reply 1988" atau Answer Me 1988. 

Review Drama Korea Shopping King Louie

Em.. Karena aku sudah janji bakal lebih sering menulis di blog ini, makanya kuusahakan untuk tetap konsisten menulis disini. Walaupun ku akui aku belum bisa menulis sesuatu yang membawa manfaat bagi umat dan kehidupan manusia. Huffftt.. Tetapi saya berharap ini dapat membantu teman-teman yang membutuhkan tontonan menghibur kala mempunyai waktu luang. Ingat ya waktu luang... 
Gimana udah selesai nonton Moon Lovers Scarlet Heart Ryeo??? Udh bs move on belum? Masih kesal, marah atau sedih? hehehe jangan terlalu baper. Coba move on dengan cara mencari cinta yang lain *eh.. maksudnya coba nonton drama korea lain. Nah saya rekomendasikan drama korea ini, "Shopping King Louis". Drama Korea ini berjumlah 16 Episode, tayang di MBC sejak 21 September 2016 dan tamat 10 November 2016 kemarin. Jadi drama ini masih fresh banget... 

Kenapa saya merekomendasikan drama korea ini? Karena drama korea ini akan menghangat kan hati dan tentunya akan sangat menghibur kamu. Liat aja gambar di atas, p…