Skip to main content

Menemukan keluarga baru di SIGI (Sahabat Indonesia BerbaGI) Makassar

Saat ikut jadi Volunteer di Komunitas 1000 Guru Makassar,.. ketemu dan kenal sama Kak Amma, cewek manis nan lincah. Cuma berbincang beberapa menit di perjalanan pulang dengan menggunakan kapal kecil dari pulau ke kota Makassar. Ia bercerita tentang komunitasi anak muda lain yang juga bergerak di bidang pendidikan, namanya SIGI Makassar yang merupakan singkatan dari Sahabat Indonesia Berbagi. Ia bercerita banyak hal tentang kegiatan SIGI yang mengajar anak jalanan, mengajar anak di daerah kepulauan dan masih banyak lagi. Di akhir perjalanan ia kemudian memeluk ku sangat erat. Seolah aku saudaranya yang baru ia temukan setelah sekian lama terpisah. hehehehhe. Kemudian ia berkata, saya tungguki gabung di Komunitas SIGI ya kak ^_^






Dan syukurlah...setelah beberapa pekan berlalu setelah event 1000 guru Makassar, saya akhirnya punya kesempatan bergabung dengan kakak-kakak kece di komunitas ini. Kali ini kakak - kakak ini berbagi semangat, motivasi, dan pengetahuan di daerah penggusuran pandang raya. Hm... agak miris juga liat rumah warga akhirnya berganti dengan tenda-tenda seperti ini. Tetapi syukurlah adik-adik disana masih tetap semangat belajarnya walaupun cuaca agak sedikit panas. 

Jelasin sedikit dulu deh tentang komunitas SIGI ini... Jadi SIGI atau Sahabat Indonesia Berbagi adalah sebuah gerakan independen, bebas dan tidak terikat oleh golongan atau organisasi apapun. Siapapun yang punya passion dan visi yang sama untuk berbagi kemanfaatan dengan sesama, boleh ikut bergabung. 

Visi SIGI adalah menjadi sebuah gerakan sosial berbasiskan jaringan pertemanan di seluruh Indonesia yang terus berkelanjutan (sahabatindonesiaberbagi.org)

Dan benar, saat baru pertama kali hadir disana, saya langsung disambut hangat oleh semua anggota SIGI yang lain. Serasa menemukan keluarga baru, mereka semua ramah, ceria, dan sangat hangat. Walaupun beberapa dari mereka berumur jauh di bawah ku, (hehehehehehe aku nya yang ke tua an maksudnya) tetapi mereka memperlakukan seperti adik yang disayang sekaligus kakak yang dihormati, hihihihi.

Selain, mengajar adek-adek di daerah penggusuran. Saya juga sempat ikut event "Project Berbagi SIGI" yang diadakan di Panti asuhan Minasaupa Makassar. Dan saya begitu takjub karena kakak - kakak anggota SIGI yang hadir jauh lebih banyak dibandingkan dengan jumlah adik-adik panti. Itu berarti tali persaudaraan yang terjalin di komunitas ini pastilah sangat erat. Dan asyiknya lagi, mereka semua sangat welcome terhadap pendatang-pendatang baru kayak saya. ^_^

Di Panti Asuhan ini, selain membawakan donasi berupa sandang dan pangan hasil dari donasi dan recehan kahuripan (Salah satu program SIGI untuk mengumpulkan uang receh setiap beberapa pekan), kakak - kakak SIGI juga membawa kebahagiaan untuk adek-adek panti dengan beragam games dan hadiah - hadiah menarik. Selain itu ada sharing mimpi untuk memotivasi adik - adik panti agar tidak pernah putus asa. Dan acara utama menggambar celengan... karena tema event kali ini adalah CERITA (Celengan Rindu kiTa atau Celengan Akhir Tahun ya) hehehehe lupa... 

Yang pasti saya sangat senang bisa bergabung di komunitas ini... Semoga kedepan nya saya bisa ikut lagi event-event nya..... Miss You kakak-kakak SIGI

dan Quotes favorit SIGI:
"Mari bersama, bersinergi membangun negeri, menuju Indonesia yang lebih baik. 
Think Globally, Act Locally, Let's MOve Forward
For a better world
For a better life
For a better future
JADILAH ORANG HEBAT YANG BERGERAK KETIKA TERGERAK

Kamu...ayo ikut gabung juga... ^_^







Comments

Popular posts from this blog

Surat Noura untuk Fahri (AAC)

Kepada  Fahri Bin Abdillah, seorang Mahasiswa dari Indonesia yang lembut hatinya dan berbudi mulia     Assalamualaikum Warahmatullahi Wa Barakatuh, Kepadamu kukirimkan salam terindah, salam sejahtera para penghuni surga. Salam yang harumnya melebihi kesturi, sejuknya melebihi embun pagi. Salam hangat sehangat sinar mentari waktu dhuha. Salam suci sesuci air telaga Kautsar yang jika direguk akan menghilangkan dahaga selama-lamanya. Salam penghormatan, kasih dan cinta yang tiada pernah pudar dan berubah dalam segala musim dan peristiwa. Wahai orang yang lembut hatinya,      Entah dari mana aku mulai dan menyusun kata-kata untuk mengungkapkan segala sedu sedan dan perasaan yang ada di dalam dada. Saat kau baca suratku ini anggaplah aku ada di hadapanmu dan menangis sambil mencium telapak kakimu karena rasa terima kasihku padamu yang tiada taranya.      Wahai orang yang lembut hatinya,       Sejak aku kehilangan rasa aman dan kasih sayang serta merasa sendirian ti

JALAN JALAN KE PERPUSTAKAAN WILAYAH MAKASSAR Yuuk...

Yeay... Libur... Hari ini hari sabtu.. mestinya masih harus masuk kantor. Tetapi karena ahad kemarin masih harus kerja.. jadinya hari sabtu ini bisa libur... Yeay senang nya. Rencana nya mau pulang kampung, lumayan bisa dua hari di rumah. Bisa memecahkan celengan rindu yang rasanya sudah mau meledak.. tetapi gak jadi gara-gara harus menemani adik ku ujian masuk sebuah perguruan tinggi. Tiga tahun lalu aku juga masih ingat saat mengantarnya mengikuti tes Sekolah Menengah Atas. Sekarang dia sudah akan berstatus Mahasiswa. Sepertinya waktu berjalan sangat cepat. Aku dan adikku beda usia 8 tahun, melihat nya sebentar lagi akan masuk Kuliah, membuatku merasa sudah menjadi sangat tua. Aku gak tua tua amat kok... Iyakan? Jadi sementara adik ku mengikuti ujian, aku sibuk keliling-keliling kampus mencari perpustakaan, lumayan bisa berteduh sambil baca buku. Tetapi ternyata, eh ternyata perpustakaan kampus lagi gak buka kalo hari sabtu. Em... jadi saya harus nunggu dimana dong? Dan

Cerita tentang Perjalanan Pertamaku Keluar Negeri

Mimpi untuk jalan-jalan keluar negeri dimulai dari dua tahun yang lalu. Saat senior di tempat kerja yang biasa kupanggil Kak Ayu memberi oleh-oleh gantungan kunci perak bertuliskan Macau. Walaupun cuma gantungan kunci, aku senang bukan main. Karena dapat oleh-oleh dari luar negeri itu sangat langka buatku pribadi, hehehe. Akhirnya sejak saat itu, travelling keluar negeri selalu jadi resolusi di awal tahun. Dan Alhamdulillah tahun ini bisa terwujud yeay.... Sebelum keluar negeri, aku sudah pernah naik pesawat sekali. Dan itu bukan untuk jalan-jalan tetapi dalam rangka ikut test CPNS di Tangerang (Baca ceritanya disini) . Sejak saat itu, aku berharap bisa naik pesawat lagi. Naik pesawat itu rasanya seru,, hahahah mungkin karena jarang kulakukan, jadinya begitu sangat luar biasa untukku. Aku merasakan jantung dag dig dug saat pesawat tinggal landas, gendang telinga yang mendengung saat pesawat sudah mengudara lalu merasa excited luar biasa saat melihat cantiknya awan-awan yang