Skip to main content

TIPS-TIPS DALAM MEMASAK


Assalamualaikum
Kali ini mau bagi postingan tentang dunia dapur atau masak-memasak. Tetapi jangan berpikir saya akan kasih resep-resep masakan enak ala chef-chef di TV tetapi saya cuma mau ngasih tips-tips seputar masak-memasak yang saya kumpulkan dari beberapa majalah atau website. Tetapi saya tidak mencantumkan sumber nya soalnya waktu nyatet ini saya cuma mau pakai untuk diri saya sendiri, tetapi sekarang baru sadar kenapa tidak coba bagi kepada yang lain. Sapa tau ada yang butuh dan lagi belajar masak kayak saya, hehehehe. Jadi mohon maaf sebelumnya sudah mengutip tanpa ijin. Tetapi semoga bisa berbuah kebaikan.


Let’s check this out...
  • Supaya ikan atau ayam yang anda goreng tidak lengket di wajan, sebaiknya goreng dua atau tiga siung bawang secara utuh terlebih dahulu.
  • Untuk menghilangkan sisa-sisa makanan yang menempel di wajan, gunakan kemiri yang sudah dihaluskan lalu gosokkan pada permukaan wajan.
  •   Agar terong yang digoreng tidak terlalu menyerap minyak terlebih dahulu cuci bersih terong lalu rendam dalam air garam kurang lebih lima menit.
  •  Agar kulit telur yang telah direbus tidak lengket, caranya  saat merebus telur masukkan satu sendok makan minyak goreng ke dalam panci rebusan telur. Maka saat telur matang, kulit telur akan lebih mudah dikupas.
  • Agar sayuran yang telah layu menjadi segar kembali, caranya rendam sayuran di dalam air dingin yang diberi satu sendok makan gula pasir.
  • Agar bihun tidak hancur sebelum digoreng, terlebih dahulu siram bihun dengan air dingin lalu tiriskan. Sementara itu, bumbu diaduk di wadah lain. Campur bihun dan bumbu hingga rata lalu goreng bihun dengan api kecil dan minyak sedikit hingga matang dan agak kering.
  • Untuk menyiasati sayur yang terlalu asin, caranya panaskan sayur dan masukkan satu buah mentimun yang diiris-iris setebal 2 cm. Setelah sayur mendidih, angkat dan siap untuk dihidangkan.
  • Agar bawang merah tidak cepat busuk, caranya jemur bawang merah hingga kering lalu simpan dalam wadah bersih yang tertutup rapat.
  • Agar sate cumi-cumi tidak terasa alot saat dimakan, terlebih dahulu rebus cumi-cumi dengan jahe dan daun salam.
  • Agar perkedel tetap utuh saat digoreng, setelah dibentuk diamkan sebentar dalam lemari es, lalu keluarkan saat akan digoreng.
  • Agar perkedel kentang tidak hancur saat digoreng, lebih baik kentangnya digoreng terlebih dahulu dari pada direbus sebelum dilumatkan.
  • Untuk menghilangkan bau gosong pada nasi caranya pindahkan nasi dari panci gosong lalu tutup pakai daun pisang dan diberi kemangi. Beberapa menit kemudian bau gosong akan hilang.
  • Apabila anda mempunyai persediaan daging yang sudah disimpan lama dalam lemari es, sebelum diolah terlebih dahulu rebus daging dengan daun jambu biji dan sedikit potongan nenas. Maka bau menyengat dari daging akan hilang.
  • Dan terakhir apabila anda suka alergi atau gatal-gatal saat makan udang, terlebih dahulu rebus atau goreng udang bersama 1-2 potong arang. Karena arang berfungsi menyerap racun yang terdapat dalam makanan laut atau seafood.

 Semoga Bermanfaat 
Wassalam



Comments

Popular posts from this blog

Surat Noura untuk Fahri (AAC)

Kepada  Fahri Bin Abdillah, seorang Mahasiswa dari Indonesia yang lembut hatinya dan berbudi mulia     Assalamualaikum Warahmatullahi Wa Barakatuh, Kepadamu kukirimkan salam terindah, salam sejahtera para penghuni surga. Salam yang harumnya melebihi kesturi, sejuknya melebihi embun pagi. Salam hangat sehangat sinar mentari waktu dhuha. Salam suci sesuci air telaga Kautsar yang jika direguk akan menghilangkan dahaga selama-lamanya. Salam penghormatan, kasih dan cinta yang tiada pernah pudar dan berubah dalam segala musim dan peristiwa. Wahai orang yang lembut hatinya,      Entah dari mana aku mulai dan menyusun kata-kata untuk mengungkapkan segala sedu sedan dan perasaan yang ada di dalam dada. Saat kau baca suratku ini anggaplah aku ada di hadapanmu dan menangis sambil mencium telapak kakimu karena rasa terima kasihku padamu yang tiada taranya.      Wahai orang yang lembut hatinya,       Sejak aku kehilangan rasa aman dan kasih sayang serta merasa sendirian ti

JALAN JALAN KE PERPUSTAKAAN WILAYAH MAKASSAR Yuuk...

Yeay... Libur... Hari ini hari sabtu.. mestinya masih harus masuk kantor. Tetapi karena ahad kemarin masih harus kerja.. jadinya hari sabtu ini bisa libur... Yeay senang nya. Rencana nya mau pulang kampung, lumayan bisa dua hari di rumah. Bisa memecahkan celengan rindu yang rasanya sudah mau meledak.. tetapi gak jadi gara-gara harus menemani adik ku ujian masuk sebuah perguruan tinggi. Tiga tahun lalu aku juga masih ingat saat mengantarnya mengikuti tes Sekolah Menengah Atas. Sekarang dia sudah akan berstatus Mahasiswa. Sepertinya waktu berjalan sangat cepat. Aku dan adikku beda usia 8 tahun, melihat nya sebentar lagi akan masuk Kuliah, membuatku merasa sudah menjadi sangat tua. Aku gak tua tua amat kok... Iyakan? Jadi sementara adik ku mengikuti ujian, aku sibuk keliling-keliling kampus mencari perpustakaan, lumayan bisa berteduh sambil baca buku. Tetapi ternyata, eh ternyata perpustakaan kampus lagi gak buka kalo hari sabtu. Em... jadi saya harus nunggu dimana dong? Dan

Cerita tentang Perjalanan Pertamaku Keluar Negeri

Mimpi untuk jalan-jalan keluar negeri dimulai dari dua tahun yang lalu. Saat senior di tempat kerja yang biasa kupanggil Kak Ayu memberi oleh-oleh gantungan kunci perak bertuliskan Macau. Walaupun cuma gantungan kunci, aku senang bukan main. Karena dapat oleh-oleh dari luar negeri itu sangat langka buatku pribadi, hehehe. Akhirnya sejak saat itu, travelling keluar negeri selalu jadi resolusi di awal tahun. Dan Alhamdulillah tahun ini bisa terwujud yeay.... Sebelum keluar negeri, aku sudah pernah naik pesawat sekali. Dan itu bukan untuk jalan-jalan tetapi dalam rangka ikut test CPNS di Tangerang (Baca ceritanya disini) . Sejak saat itu, aku berharap bisa naik pesawat lagi. Naik pesawat itu rasanya seru,, hahahah mungkin karena jarang kulakukan, jadinya begitu sangat luar biasa untukku. Aku merasakan jantung dag dig dug saat pesawat tinggal landas, gendang telinga yang mendengung saat pesawat sudah mengudara lalu merasa excited luar biasa saat melihat cantiknya awan-awan yang